top of page

Tips Perjalanan dari Bali Menuju Lombok Ala Backpacker

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perjalanan dari pulau Bali menuju pulau Lombok. menggunakan jalur udara maupun laut semua bisa dilakukan untuk menuju ke Lombok. Namun jika anda ingin lebih murah dan irit, maka solusinya adalah dengan menaiki kapal ferry untuk menuju ke Lombok. anda pergilah ke pelabuhan Padangbai. Sebagian besar kapalnya disini penyeberangan berangkat menuju pelabuhan Lembar, menyeberang menuju Pulau Nusa Penida dan setiap satu jam sekali menuju ke pulau Lombok.

Anda juga bisa menggunakan speedboat kalau Anda ingin cepat sampai ke Lombok. Speedboat dari Benoa melayani penyeberangan ke Lombok, Sanur, dan Padangbai. menuju pelabuhan Lembar dengan speedboat, Anda juga bisa langsung diantarkan ke lokasi Gili Trawangan rata-rata 90 menit waktu tempuh, sebaliknya begitu juga. Namun jika anda menggunakan speedboat anda akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Jika Anda adalah seorang backpacker dan juga ingin menikmati panorama indah selama perjalanan maka gunakanlah kapal ferry yang mengutamakan nilai ekonomis

Dengan menggunakan pesawat dari Bandara Ngurah Rai Denpasar menuju Bandara Selaparang Ampenan ini juga Alternatif lain untuk menuju ke Lombok dari Bali. Perjalanan hanya 20-30 menit melalui udara sungguh waktu yang sangat singkat . Kembali lagi biaya sudah pasti lebih mahal dibanding menggunakan kapal fery dan speedboat, dan anda juga tidak menikmati pemandangan saat dalam perjalanan laut.

Jika kita berbicara mengenai pilihan namun ingin merasakan suasana petualangan yang kental ala backpacker, maka jalur laut dengan menggunakan kapal ferry adalah pilihan yangtepat agar Anda dapat menikmati pemandangan saat berada di tengah laut. Hanya Rp 37.000 per orang harga tiket kapal ferry dari Bali menuju Lombok jika belum berubah harganya. Beda dengan naik pesawat yang biayanya bisa mencapai Rp 200.000 hingga Rp 400.000 per orang. Dengan menggunakan kapal Ferry memang perjalanan cukup lama, tetapi untuk kantong anda tidak akan menjerit karena terlalu cepat menghabiskan dana.

Perjalanan dari Bali menuju Lombok dengan menggunakan kapal ferry akan memanjakan mata anda karena anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat menarik. Petualangan membelah selat Lombok ini sangatlah menyenangkan, pemandangan laut biru dimana terdapat barisan bukit yang rapi dan indah, seolah menyambut di perairan Pulau Lombok. dan kadang-kadang kalau anda beruntung Anda bisa melihat gerombolan lumba-lumba mengikuti arah kapal yang muncul di samping kapal ferry, melihatnya mereka sangat menarik dan membuat Anda takjub.

Paling lama membutuhkan waktu 4 hingga 5 jam perjalanan laut menuju Lombok dari Bali , Anda dapat menikmati indahnya pemandangan selat Lombok dalam rentang waktu tersebut, batasan Samudra Hindia dan selat Lombok tidak akan anda lewatkan tentunya. kita memandang sambil berimajinasi dengan keindahannya, bagaimana jika seandainya kapal Anda bisa menembus garis batas tersebut.

Perbedaan yang ada di Pulau Lombok belum bia anda rassakan ketika baru sampai di pelabuhan Lembar. karena suasananya sama saja dengan pelabuhan-pelabuhan pada umumnya, anda tentu sudah tahu dengan aroma pelabuhan, Ya sudah pasti panas dengan bau laut yang khas sudah menjadi hal yang wajar. Lalu pada saat anda keluar komplek pelabuhan Lembar menuju Kota Mataram barulah perbedaan akan terasa.

Menggunakan angkutan umum dari pelabuhan Lembar menuju Kota Mataram juga bisa anda lakukan, walaupun jaraknya lumayan jauh namun di tempat ini sudah menyediakan taksi atau bahkan ojek , sekitar 40-60 menit. kalau memilih memakai angkutan umum, sekitar 200 meter dari gerbang pelabuhan Lembar. Terdapat terminal disana jika anda ingin menggunakan angkutan umum dengan trayek Lembar-Cakranegara.

Kemudian menuju Kota Mataram lanjut dengan menggunakan angkot berwarna kuning yang jaraknya gak terlalu jauh. masyarakat lokal tidak mengerti dengan istilah angkot. Angkutan kota dan angkutan desa karena mereka lebih akrab menyebut dengan bemo. Bemo kuning untuk angkutan kota, dan bemo kotak untuk angkutan desa.

Jika anda ingin menjelajah Pulau Lombok dengan menyewa kendaraan seperti mobil atau motor adalah salah satu cara paling efektif akan lebih efisien kalu ingin menelusuri sampai ke sudut Lombok. sebab transportasi di Lombok cuma menjangkau sejumlah tempat saja. karena masih banyak tempat wisata yang tidak dilalui oleh kendaraan umum.

Tiba di Lombok anda harus memiliki rencana mengenai kegiatan yang akan dilakukan disana. Jika masih ingin menelisik sejarah dan berputar-putar di sekitar kota, maka pilihan yang tepat adalah bermalam di Mataram. Kualitas bagus dan harga murah sudah tersedia hotel di kota ini kalau ingin mencari sedikit agak ramai bergabung dengan pelancong yang mayoritas wisatawan mancanegara datanglah ke kawasan Senggigi. karena disini anda tidak akan pernah merasa sepi. Senggigi menyediakan tempat hiburan dan hotel untuk backpacker.


FOLLOW US

  • Facebook Long Shadow
  • Google+ Long Shadow
  • LinkedIn Long Shadow
  • Twitter Long Shadow

I’M ALWAYS HAPPY

TO GET TO KNOW MY READERS AND SHARE INSIGHTS AND IDEAS. 

 

DROP ME A LINE 

Success! Message received.

bottom of page